Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Membangun Motivasi Kerja Guru Di SMP Negeri 2 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu

Hasibuan, Siti Amrina (2020) Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Membangun Motivasi Kerja Guru Di SMP Negeri 2 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Tesis Siti Amrina Repository.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuaan untuk mendeskripsikan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Membangun Motivasi Kerja Guru Di SMP Negeri 2 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik triangulasi melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi . Hasil penelitian ini mengungkapkan Tiga temuan yaitu: 1. Kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer pendidikan sudah begitu bekerja keras dalam menerapkan kompetensi manajerial yang dimilikinya. Mulai dari menyusun perecanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan; menciptakan budaya iklim kerja yang kondusif; membangun komunikasi yang baik dengan para personel sekolah; mengelola guru dan staf dalam rangka pemberdayaan sumber daya manusia secara optimal; memaksimalkan sarana dan prasarana sekolah yang terbatas; melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan dari pelaksanaan program kegiatan sekolah; hingga mengontrol serta mengawasi sekolah. 2. Kepala sekolah senantiasa melakukan pendekatan dan menciptakan suasana yang harmonis diantara para guru; mencari tahu apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengajar; rutin mengadakan rapat secara berkala; rutin mengikutsertakan guru dalam kegiatan-kegiatan seperti seminar/workshop, MGMP, BIMTEK K13, mengirim guru unuk mengikuti kegiatan penataran. Selain itu, upaya lain yang dilakukan untuk membangun motivasi guru yakni dalam bentuk penghargaan (reward) atapun teguran (punnishment). 3. Kompetensi Manajerial yang telah diterapkan Kepala sekolah dalam rangka membangun motivasi kerja guru di SMP Negeri 2 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu diantaranya, mengelola budaya dan iklim sekolah dengan baik sehingga tercipta suasana kerja yang harmonis serta dapat dilihat dari tingkat kehadiran guru dalam memberikan pengajaran di dalam kelas; terjalinnya komunikasi yang baik dengan para personel sekolah; membantu dalam mengelola program-program perencanaan sekolah; mengelola guru dan staf dalam rangka pemberdayaan sumber daya manusia secara optimal; saling berkoordinasi dengan bagian tata usaha untuk mengelola ketatausahaan serta tata persuratan; bekerjasama dengan pihak komite sekolah maupun dengan personel sekolah dalam memecahkan problematika sekolah dalam hal sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:05
Last Modified: 22 Aug 2022 04:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15370

Actions (login required)

View Item View Item