Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru Di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Tanjung, Ali Ahmad Rapi (2020) Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru Di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Tesis Ali Ahmad Rapi Tanjung.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Perkembangan kemampuan profesionalisme guru di MTS Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. 2) Strategi manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTS Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. 3) Efektifitas strategi manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTS Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisi data oleh Miles Dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk keabsahan data mengacu pada empat standart validasi yang terdiri dari Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil temuan peneltian adalah: 1)Berdasarkan penelitian di lapangan didapatkan beberapa temuan bahwa: Perkembangan kemampuan profesionalisme guru di MTS Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan terbilang baik. Dapat diketahui secara keseluruhan guru yang mengajar di MTS Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan sudah memenuhi standart pendidikan. 2). Kebijakan kepala sekolah terhadap peningkatan kemampuan profesionalisme guru di MTS Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan dari segi makro tergolong cukup baik. Ini dapat dilihat dari dokumen yang dibuat oleh guru berupa program tahunan, program semester, silabus dan RPP. Kebijakan makro yang lain yaitu kepala madrasah menganjurkan para guru untuk megikuti seminar pendidikan, pelatihan, dan penataran. 3). Berkenaan dengan keefektifan kebijakan kepala madrasah menurut peneliti sudah dapat dikatakan berhasil namun masih perlu di tingkatkan lagi kedepannya. Hal ini sesuai dengan pengamatan peneliti waktu di lapangan bahwa guru-guru selalu dilibatkan dalam rapat/musyawarah dalam pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah yang ada, serta memberikan kesempatan pada guru untuk mengaplikasikan dan mengeluarkan potensi-potensi yang mereka miliki.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:55
Last Modified: 22 Aug 2022 03:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15369

Actions (login required)

View Item View Item