Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada MTs Al Washliyah Padang Matinggi

Ritonga, Aliamsah (2020) Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada MTs Al Washliyah Padang Matinggi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Tesis Aliamsah Ritonga.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuaan untuk mendeskripsikan Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada MTs Al Washliyah Padang Matinggi, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik triangulasi melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi . Adapun tujuan penelitian ini ingin mengungkapkan : (1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al Washliyah Padang Matinggi, (2) Bentuk-bentuk motivasi belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa di di MTs Al Washliyah Padang Matinggi, (3) Faktor pendukung dan penghambat pada strategi kepala sekolah dalam meningkatkan Hasil Belajar belajar siswa di MTs Al Washliyah Padang Matinggi. Hasil penelitian ini mengungkapkan Tiga temuan yaitu: (1) MTs Al Washliyah Padang Matinggi bahwa semua melakukan motivasi terhadap siswa agar semangat belajarnya tinggi, akan tetapi ada guru yang sering melakukan itu, ada juga guru yang jarang melakukan itu. kepala sekolah, PKM dan TU waktunya lebih sedikit ketimbang guru untuk melakukan motivasi belajar terhadap murid, karena guru yang lebih sering bertatap muka dikelas. MTs Al Washliyah Padang Matinggi ini menjalankan hal yang seharusnya dimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar diatur dengan sedemikian rupa, (2) bentuk-bentuk strategi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwasannya MTs Al Washliyah Padang Matinggi banyak bentuk motivasi yang dilakukan, seperti membuat program seperti: Membuat olimpiade untuk para murid, Membuat penilaian murid terbaik, Membuat penilaian siswa terajin, Pemilihan kelas terbaik setiap akhir bulan, Program sedekah terbanyak setiap minggu dan Program walikelas terbaik. Selain itu juga menerapkan aturan yang akan membuat nyaman seluruh warga sekolah, serta memberikan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran sehingga motivasi siswa untuk belajar semakin tinggi. Dan semua program ini berjalan dengan baik, dan program yang ada itu tergolong menjadi 4 bagian yaitu program harian seperti penilaian murid terrajin yang dinilai setiap hari, program mingguan. (3) MTs Al Washliyah Padang Matinggi memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat pada strategi motivasi belajar siswa diantaranya, faktor penggambat diantaranya: sarana dan prasarana seperti kelas yang kurang dan faktor yang mendukung strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu fasilitas yang mendukung seperti infokus dan lainnya, menerapkan aturan-aturan seperti guru dan murid tidak boleh terlambat masuk kelas, memberikan layanan bimbingan konseling, dan faktor yang mendukung lainnya juga akhlak siswa di MTs ini yang baik, sopan dan santun kepada guru-guru, dan kepada sesama teman, hal ini ini juga mendukung dan meingkatkan motivasi belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:52
Last Modified: 22 Aug 2022 03:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15368

Actions (login required)

View Item View Item