Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di SMU Muhammadiyah 10 Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu

Hasibuan, Lahmudin (2020) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di SMU Muhammadiyah 10 Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Tesis Lahmudin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMU Muhamdiyah 10 Rantauprapat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisi data oleh Miles Dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk keabsahan data mengacu pada empat standart validasi yang terdiri dari Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil temuan peneltian adalah: 1. Kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokrasi, model dari gaya kepemimpinan dengan mempertimbangkan keinginan-keinginan dan saran-saran dari para anggota maupun dari pemimpin. Adapun yang dilakukan kepala sekolah dalam menerapkan gaya kepemimpinannya yaiut memberikan motivasi atau pengaruh pada jajaran yang ada baik dari guru maupun karyawan. 2. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan profesionalisme guru adalah dengan mendelagasikan tanggung jawab kepada guru, memenuhi kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan kpala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dengan menerapkan pengawasan langsung dan tidak langsung terhadap guru di sekolah. 3. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan profesionalisme guru adanya pelatihan atau seminar yang sering diadakan, mengontrol guru dengan mengecek absensi, kehadiran dan kedisiplinan waktu. Menerapkan aturan-aturan berbentuk lisan dan tulisan serta tampil menjadi motivator dan keseriusan kepala sekolah. Sedangkan penghambat dari peningkatan profesionalisme guru adalah kurangnya sarana prasarana yang belum memadai, kurangnya biaya operasional, tempat tinggal guru yang cukup jauh dari sekolah, kompetensi guru yang masih lemah, kurangnya kedisiplinan guru.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:48
Last Modified: 22 Aug 2022 03:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15367

Actions (login required)

View Item View Item