Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Siswa Belajar Dari Rumah Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling

Fatimah, Nurul (2021) Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Siswa Belajar Dari Rumah Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
NEW SKRIPSI NURUL FATIMAH (NIM 0303172113).pdf

Download (3MB)

Abstract

Dukungan sosial merupakan dorongan yang diberikan oleh orang-orang terdekat kepada individu yang memberikan efek kenyamanan, perasaan dicintai, dihargai, dilindungi, dan membuat segalanya menjadi terasa lebih mudah untuk dijalani ketika ada seseorang yang menemani. Dukungan sosial yang optimal akan memperkuat individu ketika menghadapi beragam persoalan yang sedang dihadapi. Penelitian ini membahas tentang pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi siswa belajar dari rumah serta implikasinya dalam bimbingan konseling. Tujuan dari penelitian ini 1) untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan resiliensi siswa belajar dari rumah di sekolah MTs Muallimin; 2) untuk mengetahui implikasi bimbingan konseling terhadap peran dukungan sosial terhadap resiliensi siswa belajar dari rumah di sekolah MTs Muallimin. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana, dengan demikian data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini berupa angka dan informasi mengenai resiliensi siswa kelas VIII Full Day MTs Muallimin. Hasil didalam penelitian ini dapat dilihat dari nilai t: diketahui nilai thitung sebesar 4.034 > ttabel 1.98063 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi siswa belajar dari rumah. Mengacu pada dasar pengambilan keputusan jika nilai thitung > ttabel, artinya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Hipotesis 2 (Ha): Terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi siswa belajar dari rumah. Dengan kata lain variabel X (dukungan sosial) berpengaruh terhadap variabel Y (resiliensi).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Resiliensi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:47
Last Modified: 19 Aug 2022 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item