Analisis Partisipasi Istri Dalam Bekerja Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga (Studi Kasus Pedagang Pasar Basah Di Pasar Raya MMTC)

Khaliza, Nur Izmi (2019) Analisis Partisipasi Istri Dalam Bekerja Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga (Studi Kasus Pedagang Pasar Basah Di Pasar Raya MMTC). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Nur Izmi.pdf

Download (872kB)

Abstract

Perekonomian sebuah keluarga sangat dipengaruhi oleh pendapatan keluarga yang bersumber dari pendapatan suami yang bertanggung jawab mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tetapi pada suatu kondisi kemiskinan pada saat ini, maka istri juga akan ikut berkontribusi bagi pendapatan keluarga. Kegiatan mencari nafkah adalah kewajiban dan tanggung jawab suami sebagai kepala keluarga, akan tetapi dari hasil pengamatan para istri juga ikut membantu suami dalam mencari nafkah untuk keluarga yang dimana seharusnya seorang istri hanya mempunyai 2 tugas yaitu sebagai istri dan sebagai ibu rumah tangga namun sudah berpartisipasi (peran serta) sebagai pencari nafkah. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana partisipasi istri yang bekerja untuk meningkatkan perekonomian keluarga, bagaimana partisipasi istri ditinjau dari ekonomi islam, dan faktor yang menyebabkan istri bekerja di Pasar Basah Pasar Raya MMTC. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah pedagang yang berstatus sebagai istri sebanyak 20 informan. Penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi istri yang bekerja sebagai pedagang sangat berpengaruh besar terhadap perekonomian keluarga, hal ini dibuktikan dari pendapatan yang diperoleh oleh istri setiap bulan, tetapi berdasarkan partisipasi istri ditinjau dari ekonomi islam, Aktivitas istri yang bekerja sebagai pedagang masih banyak istri yang belum bisa menyeimbangkan kewajibannya sebagai istri dan sebagai ibu rumah tangga. Kemudian faktor yang menyebabkan istri bekerja yaitu faktor pendidikan, faktor jumlah tanggungan, dan faktor ekonomi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Istri, Partisipasi, Pedagang
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:16
Last Modified: 19 Aug 2022 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15345

Actions (login required)

View Item View Item