Implementasi pendidikan akhlak pada mata pelajaran PAI di SD IT Ulul Ilmi Islamic School Medan Denai

Ismaraidha, Ismaraidha (2016) Implementasi pendidikan akhlak pada mata pelajaran PAI di SD IT Ulul Ilmi Islamic School Medan Denai. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS PDF..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana implementasi pendidikan akhlak pada mata pelajaran PAI yang telah terlaksana di SD IT Ulul Ilmi Islamic School Medan Denai. Implementasi tersebut meliputi perencanaan, strategi dan evaluasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan kejadian di lapangan sebagaimana adanya. Dalam mengumpulkan data digunakan berbagai teknik seperti wawancara, observasi maupun studi dokumen. Adapun yang menjadi sumber primer dalam penelitian ini ialah wakil kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Sedangkan analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, verifikasi data sampai kepada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perencanaan yang dilakukan dalam mengimplementasikan pendidikan akhlak yaitu dengan merumuskan materi pendidikan akhlak yang akan ditanamkan kepada peserta didik oleh semua perangkat sekolah di awal tahun ajaran baru ketika diadakan rapat bersama. Materi tersebut terdiri dari 40 hadis tentang akhlak, namun sejauh ini yang sudah diterapkan sacara menyeluruh dan terevaluasi masih 7 hadis, sedangkan hadis yang lainnya masih bersifat pengenalan dan pembiasaan. Adapun strategi yang digunakan bervariasi yaitu dengan metode ceramah, tanya jawab, bernyanyi, demonstrasi, kisah, dan yang paling penting adalah metode keteladanan (uswah) dan pembiasaan. Sedangkan evaluasi yang digunakan terdiri dari 2 yaitu: 1). ognitif yaitu berupa ujian tulis dan lisan biasanya dalam bentuk bulanan dan semesteran, 2) Afektif dan psikomotorik yaitu akhlak yang ditampilkan peserta didik dalam kehidupan sehari-harinya di sekolah yang bentuk evaluasinya menggunakan format tertentu. v

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 21 Apr 2017 09:02
Last Modified: 21 Apr 2017 09:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item