Peran Manajemen Dakwah dalam Kegiatan Keagamaan di Pondok Pesantren Al-Washliyah Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai

Meinando, Reza (2021) Peran Manajemen Dakwah dalam Kegiatan Keagamaan di Pondok Pesantren Al-Washliyah Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
REZA MEINANDO (Manajemen Dakwah).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi manajemen yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Washliyah Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Dan untuk mengetahui peran manajemen dakwah di Pondok Pesantren Al-Washliyah Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan berlokasi di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Pendekatan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah pendekatan Manajemen Dakwah. sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer yang berjumlah 3 informan yang terdiri dari pimpinan pondok pesantren atau kepala sekolah, 1 orang pembina dan 1 tata usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data adalah: Data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), comparative (analisis perbandingan), conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa peran manajemen dakwah yang diterapkan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Washliyah Kecamatan Sei Rampah adalah yang sesuai dengan peran manajerial yang dilakukan dalam mengelola kegiatan keagamaan meliputi, takhthith (perencanaan dakwah), tanzim (pengorganisasian dakwah), tawjih (pergerakan dakwah), riqabah (pengendalian dakwah). penelitian ini juga menemukan bahwa kegiatan keagamaan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Washliyah Kecamatan Sei Rampah yang rutin dilaksanakan adalah: Shalat dhuha, shalat dzuhur, pelatihan dakwah, penghafalan 1 juz qur’an, perayaan hari-hari besar Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:39
Last Modified: 19 Aug 2022 07:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item View Item