Faktor Yang Memengaruhi Pengetahuan Tentang HIV/AIDS Pada Wanita Usia Subur Di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 (Analisis Data SDKI 2017)

Hardja, Bebby Alfiera Riyandina (2021) Faktor Yang Memengaruhi Pengetahuan Tentang HIV/AIDS Pada Wanita Usia Subur Di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 (Analisis Data SDKI 2017). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1PDF_FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGETAHUAN HIV_AIDS PADA WANITA USIA SUBUR DI PROVINSI SUMATERA UTARA.docx.pdf

Download (1MB)

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) masih menjadi masalah kesehatan masyarakat global. Salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang HIV/AIDS secara umum. Informasi HIV/AIDS Komprehensif merupakan salah satu bentuk pemberantasan dan pemberantasan kasus HIV/AIDS. Menurut data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2017, pengetahuan komprehensif HIV/AIDS pada kelompok usia 15-49 tahun masih relatif rendah yaitu 15%, dengan target tahun 2014 sebesar 95%. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor- faktor yang paling mempengaruhi pengetahuan HIV/AIDS pada wanita usia subur berdasarkan data SDKI 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian epidemiologi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017. Analisis dilakukan dengan multivariat regresi logistik. asil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan HIV/AIDS dengan pendidikan terakhir, status ekonomi, tempat tinggal, dan keterpajanan media massa Wanita usia subur di Sumatera Utara tahun 2017. Pengetahuan HIV/AIDS wanita usia subur di Sumatera Utara memiliki dampak terbesar pada keterpajanan media massa dengan OR 1.839. Oleh karena itu, diharapkan pemerintah untuk lebih sering melakukan promosi Kesehatan dan penyuluhan terkait HIV/AIDS baik itu disekolah ataupun ditempat umum.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HIV/AIDS; wanita usia subur; faktor pengetahuan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:27
Last Modified: 19 Aug 2022 07:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15332

Actions (login required)

View Item View Item