Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individuality (Tai) dan kemampuan mengelola kelas guru terhadap hasil belajar fikih siswa kelas VII di Mts S Al-Washliyah Nagur Kecamatan Tanjung Beringin

Rangkuti, Liza Wirdani (2016) Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individuality (Tai) dan kemampuan mengelola kelas guru terhadap hasil belajar fikih siswa kelas VII di Mts S Al-Washliyah Nagur Kecamatan Tanjung Beringin. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
LIZA WIRDANI RANGKUTI NIM.92214033328.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Perbedaan hasil belajar fikih siswa berkemampuan tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (3) Perbedaan hasil belajar fikih siswa berkemampuan rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (4) Pengaruh kemampuan mengelola kelas terhadap hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality (5) Interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar fikih siswa. Penelitian ini terdiri dari 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design (Eksperimental semu). Penelitian ini menggunakan model rancangan kuasi eksperimental dengan desain faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar fikih berkemampuan tinggi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar fikih berkemampuan rendah siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. (4) Terdapat pengaruh kemampuan mengelola kelas terhadap hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality. (5) Terdapat interaksi antara hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 21 Apr 2017 08:20
Last Modified: 21 Apr 2017 08:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item