Algoritma K-Means Dalam Menentukan Penerima Beasiswa UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) Pada Mahasiswa UIN Sumatera Uara Medan

Astuti, Sri (2020) Algoritma K-Means Dalam Menentukan Penerima Beasiswa UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) Pada Mahasiswa UIN Sumatera Uara Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI SRI ASTUTI SIAP_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data Mining merupakan teknologi yang digunakan dalam pengolahan data. Teknik data mining ini mampu menggali informasi dari data yang sudah lama atau tumpukkan data yang banyak menjadi informasi yang bermanfaat seperti halnya data mahasiswa pada sebuah universitas. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang merupakan salah satu univeritas yang memiliki tambang data mahasiswa yang jika diolah dengan menggunakan teknik data mining maka akan menghasilkan informasi baru dan berguna seperti informasi kelayakan seorang Mahasiswa dalam mendapatkan beasiswa. UIN Sumatera Utara Medan mempunyai sebuah program beasiswa yaitu beasiswa UPZ. Kesulitan yang dialamai oleh para panitia penyeleksi beasiswa UPZ UIN Sumatera Utara Medan ialah menentukan kelayakan dari seorang Mahasiwa pendaftar beasiswa tersebut dikarenakan proses seleksi yang masih manual. Sehingga menyulitkan dan memperlama waktu dalam penyeleksiannya. Berdasarkan masalah yang ada maka dibuatlah sebuah sistem data mining. Salah satu algoritma data mining yang mampu mengelompokkan data pendaftar beasiswa secara cepat adalah algoritma k-means clustering. Sistem data mining menggunakan algoritma k-means clustering berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP ini nantinya akan mengelompokkan data mahasiswa yang layak, dipertimbangkan serta tidak layak untuk mendapatkan beasiswa UPZ. Tujuan dibuatnya sistem ini ialah agar mempermudah serta mempercepat pihak panitia penyeleksi UPZ dalam menentukan kelayakan penerima beasiswa UPZ UIN Sumatera Utara Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:53
Last Modified: 19 Aug 2022 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15317

Actions (login required)

View Item View Item