Indeks Kerawanan Pemilu (Election Vulnerebility Index) Pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2019

Pangesty, Dwi Fuji (2021) Indeks Kerawanan Pemilu (Election Vulnerebility Index) Pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI DWI FUJI PANGESTY 0404171012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menjelang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden yang dilaksanakan 5 tahun sekali, kerawanan maupun pelanggaran pada saat Pemilihan Umum seringkali menjadi kasus yang diperlukan perhatian bagi penyelenggara maupun pelajaran bagi peserta Pemilu, agar tidak adanya berkesinabungan pelanggaran di kemudian hari. Pada Pemilu 2019 menjadi pesta demokrasi yang menarik untuk dicermati semua elemen, termasuk di Kabupaten Serdang Bedagai yang merupakan daerah dekat pesisir laut dengan memiliki multi agama dan budaya di dalamnya, dimana daerah ini memiliki jumlah penduduk 616.396 jiwa terbagi 17 kecamatan. Pada Pemilu 2019 di terdapat pelanggaran pada saat pemungutan serta perhitungan suara di tingkat TPS. Selain itu, ada beberapa relawan menggunakan fasilitas negara sebagai tempat kampanye. Ini merupakan sebuah fenomena atau perilaku yang harus diperbaiki, bagaimana Indeks Kerawanan pada Pemilihan Umum pada Tahun 2019 masih banyak terjadi pelanggaran pada setiap proses tahapan Pemilihan Umum tahun 2019 di Kabupaten Serdang Bedagai. Adapun pertanyaan dalam penelitian ini adalah: Apa faktor penyebab terjadinya kerawanan Pemilihan Umum di Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2019 ?, Bagaimana dampak terjadinya kerawanan Pemilihan Umum di Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2019 ? Penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif untuk menggali pengalaman dan pandapat para informan tentang segala kerawanan dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2019. Temuan-temuan penelitian tentang terjadinya kerawanan pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Serdang Bedagai, diantaranya adalah terdapat Pemungutan Suara Ulang di TPS 18 Desa Bingkat dan TPS 01 Desa Sukasari Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai ditemukan terdapat pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, DPTb dan tidak termasuk dalam DPK dan masih banyak lagi. Faktor penyebab terjadinya kerawanan Pemilihan Umum di Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2019 adalah para penyelenggara Pemilihan Umum dan peserta serta masyarakat yang belum memahami regulasi pada setiap proses Pemilihan Umum tahun 2019. Dampak terjadinya kerawanan Pemilihan Umum di Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2019 ialah proses Pemilihan Umum ini belum berlangsung secara berintegritas, akuntabel dan berkualitas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemilu, Kerawanan, Kabupaten Serdang Bedagai
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science > 323 Civil and political rights
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:47
Last Modified: 19 Aug 2022 04:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15313

Actions (login required)

View Item View Item