Pengaruh EService Quality Terhadap E-Satisfaction Nasabah Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan

Fahira, Azlia (2021) Pengaruh EService Quality Terhadap E-Satisfaction Nasabah Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Fix Azlia Fahira (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction nasabah Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Dimana pada Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan terjadi ketidakpuasan nasabah terhadap layanan elektronik yang diberikan oleh bank, seperti sulitnya nasabah untuk melakukan transaksi akibat server Bank Sumut yang kurang lancar. E-satisfaction adalah kepuasan pelanggan sehubungan dengan pengalaman pembelian sebelumnya dengan perusahaan e-commerce yang diberikan. Esatisfaction sebagai sebuah kondisi psikologis dimana hasil yang muncul ketika konsumen membuka M-Banking dapat sesuai dengan harapannya. E-Satisfaction dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu E-Service Quality. E-Service Quality merupakan pelayanan yang diberikan pada jaringan internet sebagai perluasan dari kemampuan suatu situs untuk memfasilitasi kegiatan belanja, pembelian, dan distribusi secara efektif dan efisien. Di dalam E-Service Quality terdapat 4 Dimensi yang diperlukan untuk mengukur kepuasan nasabah, yaitu Efficiency, Fullfilment, System Availability, dan Privacy. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh antara dua variabel atau lebih. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi penelitian meliputi nasabah pengguna M-Banking Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan dan penentuan sampel menggunakan metode ketetapan akurasi slovin sehingga jumlah sampel penelitian adalah 96 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji-F secara simultan dan uji-t secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke-4 dimensi dari EService Quality yaitu Efficiency, Fullfilment, System Availability, dan Privacy secara parsial memberi pengaruh signifikan terhadap E-Satisfaction nasabah Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Besarnya pengaruh parsial ke-4 dimensi dari E-Service Quality terhadap E-Satisfaction nasabah adalah sebesar 62,3%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:50
Last Modified: 19 Aug 2022 04:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15312

Actions (login required)

View Item View Item