Peran Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera utara Dalam Menanggulangi Praktik Illegal Logging di Kawasan Hutan Produksi UPT KPH IV Sipirok

Hilmy, Mhd.Farid (2021) Peran Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera utara Dalam Menanggulangi Praktik Illegal Logging di Kawasan Hutan Produksi UPT KPH IV Sipirok. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
MFH SKRIPSI3.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dalam menanggulangi praktik illegal logging. Metode penelitan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah kualitatif. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah bagaimana kasus illegal logging di kawasan hutan produksi UPT KPH IV Sipirok, bagaimana upaya yang dilakukan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dalam mengatasi praktik illegal logging di kawasan hutan produksi UPT KPH IV Sipirok, dan bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap peran Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dalam mengatasi praktik illegal logging di kawasan hutan produksi UPT KPH IV Sipirok. Dalam penelitian ini peran Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dalam mengatasi illegal logging di kawasan hutan produksi UPT KPH IV Sipirok sesuai dengan peraturan perundang-undangan tentang kehutanan. Walaupun demikian, peran dinas dalam mengatasi kasus illegal logging di kawasan hutan produksi belum terlalu maksimal dikarenakan personil penjagaan hutan masih kurang akibatnya belum semua kawasan hutan produksi UPT KPH IV Sipirok terpantau secara keseluruhan. Kesimpulan peran Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dalam mengatasi illegal logging sudah cukup baik, namum masih ada beberapa faktor penghambat dalam mengatasi praktik illegal logging baik dari segi finansial, sarana-prasarana dan sumber daya manusia. Kemudian tinjauan Fiqh Siyasah terhadap peran dinas kehutanan dalam menanggulangi praktik illegal logging sesuai dengan syariat Islam, karena manusia sebagai khalifah di bumi untuk dapat memakmurkan bumi sesuai dengan syariat Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, illegal logging
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:43
Last Modified: 19 Aug 2022 04:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15311

Actions (login required)

View Item View Item