Pengaruh Literasi Dan Persepsi Para Petani Terhadap Minat Menjadi Nasabah Asuransi Pertanian (Studi Kasus Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan)

Muhtadin, Syabilal (2021) Pengaruh Literasi Dan Persepsi Para Petani Terhadap Minat Menjadi Nasabah Asuransi Pertanian (Studi Kasus Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Syabilal Muhtadin_125939_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Asuransi pertanian merupakan suatu perlindungan bagi para petani untuk mengalihkan resiko yang sewaktu-waktu bisa mereka derita, mengasuransikan lahan pertanian merupakan cara terbaik untuk mengalihkan resiko, namun kenyataannya masih banyak petani yang belum mengasuransikan lahan pertaniannya terutama masyarakat tani kelurahan martubung, mereka masih belum berminat untuk menjadi nasabah asuransi pertanian. Pada dasarnya literasi dan persepsi mereka terhadap asuransi pertanian masih kurang baik, sehingga hal tersebut berkemungkinan mempengaruhi minat mereka untuk menjadi nasabah asuransi pertanian. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apakah Literasi mempengaruhi minat masyarakat tani kelurahan martubung untuk menjadi nasabah asuransi pertanian? (2) Apakah persepsi mempengaruhi minat masyarakat tani kelurahan martubung untuk menjadi nasabah asuransi pertanian? (3) Apakah literasi dan persepsi secara bersama-sama mempengaruhi minat masyarakat tani kelurahan martubung untuk menjadi nasabah asuransi pertanian?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis datanya menggunkan analisis regresi berganda. Pengumpulan data peneliti menggunakan angket (kuesioner). Populasi pada penelitian ini sebanyak 382 dan sampelnya sebanyak 79 yang ditentukan dengan metode slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) literasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi nasabah asuransi pertanian dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05, (2) persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi nasabah asuransi pertanian yang dibuktikan dengan nilai sig 0,004 < 0,05, (3) Secara simultan literasi dan persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi nasabah asuransi pertanian yang dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Persepsi, Minat, Asuransi Pertanian, Masyarakat Tani
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 19 Aug 2022 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15301

Actions (login required)

View Item View Item