Analisis Persaingan Bisnis Pedagang Pakaian Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Pakaian di Pasar Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai)

Nasution, Urpida Aini (2018) Analisis Persaingan Bisnis Pedagang Pakaian Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Pakaian di Pasar Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
ANALISIS PERSAINGAN BISNIS PEDAGANG PAKAIAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pedagang Pakaian di Pasar Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai).pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini menimbulkan persaingan yang cukup ketat, membuat para pedagang harus meningkatkan keunggulan kompetitifnya agar dapat bertahan dalam dunia bisnis.Dalam Islam berbisnis bukan hanya sekedar mencari keuntungan melainkan mencari keberkahan yang diridhoi Allah SWT. Terkait dengan persaingan, Islam sudah mengatur bagaimana etika dan cara bersaing dalam berbisnis agar terjadinya persaingan yang sehat tanpa adanya penyimpangan. Islam menekankan adanya moralitas seperti persaingan yang sehat, kejujuran, keterbukaan dan keadilan. Di kecamatan Dolok Masihul terdapat satu pasar yang bernama Pasar Dolok Masihul. Pasar ini dipenuhi oleh pedagang sayur, ikan, sembako, makanan ringan, pakaian, sepatu dan lainnya. Dari semua pedagang tersebut, pedagang pakaian merupakan salah satu usaha yang sangat banyak diminati oleh para pedagang, sehingga semakin hari semakin banyak pedagang baru yang berjualan pakaian di Pasar Dolok Masihul. Dengan banyaknya pedagang pakaian yang berjualan di Pasar Dolok Masihul menyebabkan adanya persaingan antar pedagang pakaian. Hal inilah yang membuat penulis memilih Pasar Dolok Masihul sebagai Objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi persaingan bisnis yang terjadi antar pedagang pakaian di Pasar Dolok Masihul dan mengetahui persaingan bisnis antar pedagang pakaian di Pasar Dolok Masihul ditinjau dari etika bisnis Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif. Berlokasi di Pasar Dolok Masihul dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait. Hasil penelitian membuktikan bahwa kondisi persaingan bisnis antar pedagang pakaian di Pasar Dolok Masihul yaitu persaingan dari segikualitas produk, harga dan pelayanan termasuk persaingan yang sehat. Karena pedagang yang bersaing secara tidak sehat hanya terdapat 30% saja. Dan hasil penelitian persaingan bisnis antar pedagang pakaian di Pasar Dolok Masihul ditinjau dari etika bisnis Islam yaitu para pedagang di Pasar Dolok Masihul bermayoritas agama Islam namun hanya 60% pedagang yang menerapkan prinsip etika bisnis Islam dalam menjalankan kegiatan berdagang setiap harinya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persaingan Bisnis, EtikaBisnis Islam
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:13
Last Modified: 19 Aug 2022 04:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15290

Actions (login required)

View Item View Item