Analisis Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Penilaian Kinerja Pusat Pendapatan Pada PT. Catalist Integra Prima Sukses Cabang Meulaboh

Fajriana, Fajriana (2021) Analisis Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Penilaian Kinerja Pusat Pendapatan Pada PT. Catalist Integra Prima Sukses Cabang Meulaboh. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI FULL FAJRIANA (0502163165).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan akuntansi pertanggungjawaban dalam penilaian kinerja pusat pendapatan pada PT. Catalist Integra Prima Sukses Cabang Meulaboh. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dengan wawancara serta observasi langsung dan data sekunder diperoleh dari dokumen yang berkaitan. Lokasi penelitian ini bertempat di Jalan Manek Roo di desa Ujong Baroh kecamatan Johan Pahlawan kabupaten Aceh Barat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Pertama, Akuntansi Pertanggungjawaban pada PT. Catalist Integra Prima Sukses Cabang Meulaboh belum berjalan dengan baik ditinjau dari penyusunan anggaran belum dikatakan baik karena dalam penetapan anggaran perusahaan ini menggunakan metode top down dimana proses penyusunan anggaran hanya dilakukan oleh kantor pusat tanpa melibatkan karyawan lainnya, sehingga manajer cabang hanya menjalankan strategi dan menjalankan anggaran yang ditetapkan dengan sebaik mungkin agar dapat tercapai. Kedua, Penilaian kinerja pusat pendapatan pada PT. Catalist Integra Prima Sukses Cabang Meulaboh menggunakan indikator anggaran dalam proses penyusunan target penjualan, manajer penjualan tidak turut serta dalam proses penyusunannya, manajer penjualan hanya turut serta sampai proses melaporkan realisasi penjualan yang telah tercapai ditahun tersebut. Ketiga, Perusahaan menetapkan suatu kebijakan untuk memberikan penghargaan dan hukuman bagi para manajer pusat pertanggungjawaban terhadap kemampuannya dalam mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi Pertanggungjawaban, Penilaian Metode Top Down, Kinerja Pusat Pendapatan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:47
Last Modified: 19 Aug 2022 04:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15289

Actions (login required)

View Item View Item