Pengaruh Pendapatan Operasional, Pendapatan Non Operasional, dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada PT Bank Syariah Mandiri

Lyanda, Winda Kartika (2021) Pengaruh Pendapatan Operasional, Pendapatan Non Operasional, dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada PT Bank Syariah Mandiri. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Winda a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh, bagaimana sebuah bank syariah mendapatkan laba yang maksimal yang dipengaruhi oleh pendapatan yang didapat oleh bank syariah tersebut dan dikurangi dengan biaya yang berkaitan dengan kegiatan operasional maupun non operasional. Penelitian ,ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Pendapatan Operasional, pendapatan non operasional, dan biaya operasional terhadap Laba bersih pada PT Bank Syariah Mandiri dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan data sekunder. Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari Laporan Rasio Keuangan tahunan dan Bulanan pada tahun 2017-2019 pada PT Bank Syariah Mandiri melalui website resminya. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji deskriptif, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji F dan koefisien regresi (R2 ) dengan alat bantu pengolah data SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Pendapatan Operasional berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Laba Bersih dengan nilai t hitung sebesar 12.490 dan nilai signifikasi sebesar 0,000, lalu secara parsial Pendapatan Non Operasional berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Laba Bersih dengan Nilai t sebesar 0,47 dan nilai tidak signifikasi 25.192, dan secara parsial Biaya Operasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Laba Bersih dengan Nilai t sebesar 9.503 dan nilai signifikasi 0.048. Secara simultan pendapatan operasional, pendapatan non operasinal dan Biaya Operasional berpengaruh terhadap Laba Bersih dengan nilai F hitung sebesar, 136.187 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan dapat dilihat dari uji koefisien regresi pendapatan operasional, pendapatan non operasinal dan Biaya Operasional berpengaruh terhadap Laba Bersih sebesar 92,7% dan 7,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Operasional, Pendapatan Non Operasional, Biaya Operasional, dan Laba Bersih
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:06
Last Modified: 19 Aug 2022 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15288

Actions (login required)

View Item View Item