Pengaruh Strategi Pembelajaran Story Board Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas V di SD Negeri 7 Kualasimpang Kab. Aceh Tamiang

Muthmainnah, Laily (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Story Board Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas V di SD Negeri 7 Kualasimpang Kab. Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI LAILY MUTHMAINNAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasari atas beberapa keluhan siswa terkait pembelajaran PAI yang kurang menyenangkan dalam menggunakan strategi pembelajaran dan hanya menggunakan strategi ceramah. Dikarenakan guru yang kurang menarik dalam memilih dan menggunakan strategi pembelajaran. Sehingga, menyebabkan mudahnya rasa bosan muncul dari siswa. Akibatnya, menurunkan tingkat motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan:1. Untuk menjelaskan ada atau tidak pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Strategi Pembelajaran Story Board terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi kisah teladan Luqman kelas V di SD Negeri 7 Kualasimpang Aceh Tamiang. 2. Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi kisah teladan Luqman kelas V dengan menggunakan strategi story board. 3. Untuk menjelaskan penerapan strategi story board pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 7 Kualasimpang. Penelitian ini dilakuan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey dengan teknik korelasional. Populasinya adalah seluruh kelas V yang terdiri dari 100 siswa. Sampel dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling, maka dalam hal ini peneliti mengambil sampel 50 persen dari jumlah populasi, sehingga sampel pada penelitian ini ialah siswa kelas V-B dan sebagian dari kelas V-C yaitu berjumlah 50 siswa. Berdasarkan penyajian dan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara thitung dengan ttabel. Hasil analisis statistik dengan uji t diperoleh thitung = 6,633 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,660 Dari nilai tersebut dapat diketahui bahwa nilai thitung> ttabel yaitu 6,633 > 1,660 maka H0ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, temuan hipotesis memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada strategi pembelajaranstory board terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI materi isah teladan Luqman kelas V di SD Negeri 7 Kualasimpang Kab. Aceh Tamiang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Story Board;Motivasi Belajar.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:31
Last Modified: 19 Aug 2022 03:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15280

Actions (login required)

View Item View Item