Efektivitas pembelajaran koperatif Team Games Tournament dan Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar bidang studi pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII Sma Negeri 2 Pematangsiantar

Wahyuni, Sri (2017) Efektivitas pembelajaran koperatif Team Games Tournament dan Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar bidang studi pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII Sma Negeri 2 Pematangsiantar. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis sri wahyuni pdf.pdf

Download (919kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran koperatif Team Games Tournament dalam meningkatkan hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa, mengetahui keefektifan pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa dan mengetahui perbandingan hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran koperatif Team Games Tournament dengan mind mapping di kelas XII SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen yaitu suatu penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Dalam penelitian ini juga melibatkan dua kelompok sampel masingmasing pembelajaran Team Games Tournament dan pembelajaran Mind Mapping. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2016/2017 kelas XII sebanyak 7 kelas yang berjumlah 247 orang siswa. Setiap kelas memiliki karakteritik yang sama artinya setiap siswa menggunakan kurikulum yang sama. Penentuan sampel dengan teknik berdasarkan jumlah siswa yang sama di masing-masing kelas diperoleh kelas XII-1 yang berjumlah 40 dibelajarkan dengan pembelajaran Team Games Tournament. Kelas XII-3 berjumlah 40 dibelajarkan dengan pembelajaran mind mapping.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penentuan perbandingan perolehan nilai atau skor rata-rata pada masing-masing kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, pembelajaran koperatif Team Games Tournament efektif dalam meningkatkan hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata hasil pretes sebesar 35,75 mengalami peningkatan berdasarkan hasil postes menjadi sebesar 78,75. Kedua, pembelajaran Mind Mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat perolehan nilai rata-rata prestes sebesar 36,00 mengalami peningkatan hasil postes menjadi sebesar 64,75. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa menggunakan pembelajaran koperatif Team Games Tournament dengan mind mapping. Nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran koperatif Team Games Tournament sebesar 78,75 dan menggunakan mind mapping sebesar 64,75.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 18 Apr 2017 04:07
Last Modified: 18 Apr 2017 04:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item