Komunikasi Islami Salon Muslimah Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan di Kota Medan

Siregar, Nurul Mursida (2021) Komunikasi Islami Salon Muslimah Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan di Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI Nurul Mursida Siregar.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Implementasi Komunikasi Islami Salon Muslimah Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan di Kota Medan, untuk mengetahui hambatan dalam implementasi tersebut dan menemukan upaya untuk mengatasi hambatan serta untuk mengetahui perawatan kecantikan sesuai syari’ah pada Salon Muslimah. Adapun jenis penelitian ini yakni penelitian lapangan dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai pendukung. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwasanya Salon Muslimah dapat mengimplementasikan Komunikasi Islami dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan di Kota Medan. Adapun pelanggan yang dimaksud ialah para muslimah di Kota Medan yang melakukan perawatan kecantikan di Salon Muslimah. Salon Muslimah mengimplementasikan Komunikasi Islami dengan berbagai cara baik secara verbal maupun non verbal. Secara verbal Salon Muslimah menerapkan prinsip-prinsip komunikasi Islami yakni dengan qaulan sadidan, qaulan layina dan qaulan kharimah melalui salam, promo serta murottal dan tulisan-tulisan islami sedang non verbal dengan senyuman dan sopan santun. Alat dan bahan serta praktik yang digunakan sesuai syari’ah bahkan Salon Muslimah membekali para karyawan dengan mengadakan kajian rutin setiap sekali seminggu. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwasanya benar Salon Muslimah menerapkan prinsip bisnis Islami yakni mengedepankan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan sehingga terciptanya pelayanan prima (service excellence) dan tak lupa menerapkan sifat Rasulullah Saw yakni Siddiq, Amanah, Tabhligh, Fathanah. Salon Muslimah hanya di khususkan untuk wanita Muslimah, laki-laki dilarang masuk bahkan Salon Muslimah hanya menerima pelanggan wanita yang memang seorang Muslimah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Islami, Salon Muslimah, Pelayanan, Pelanggan
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:16
Last Modified: 18 Aug 2022 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15262

Actions (login required)

View Item View Item