Analisis Pengaruh Perilaku Picky Eater Terhadap Tingkat Kecukupan Gizi Anak Prasekolah di Perkebunan Bungara Estate (PT Lonsum) Kabupaten Langkat

Lubis, Hasri Ainun (2021) Analisis Pengaruh Perilaku Picky Eater Terhadap Tingkat Kecukupan Gizi Anak Prasekolah di Perkebunan Bungara Estate (PT Lonsum) Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
File Asli Skripsi Hasri Ainun Lubis_0801172224.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Picky eater ditandai dengan terbatasnya jumlah varian makanan, jika tidak disadari dapat mengganggu proses tumbuh kembang pada anak dan menyebabkan malnutrisi. Tujuan : Untuk menganalisis hubungan perilaku picky eater terhadap tingkat kecukupan gizi terkait karbohidrat, lemak dan protein di Perkebunan Bungara Estate (PT. Lonsum) Kabupaten Langkat. Metode : Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 53 responden. Pengambilan data meliputi pengisian kuesioner picky eater dan tingkat kecukupan gizi diukur dengan Food Recall dan Food Frequency Questionnare. Seluruh data dianalisis menggunakan SPSS dengan uji Chi Square. Hasil : Di dapatkan 66,0% responden memiliki perilaku picky eater, penelitian menunjukkan ada hubungan antara perilaku picky eater dengan konsumsi jenis pangan (p=0,000) tidak ada hubungan antara perilaku picky eater terhadap tingkat kecukupan gizi berdasarkan asupan karbohidrat (p=0,433), ada hubungan antara perilaku picky eater dengan tingkat kecukupan gizi berdasarkan asupan protein (p=0,001), dan lemak (p=0,001). Kesimpulan : Responden yang berperilaku picky eater memiliki tingkat kecukupan gizi lebih rendah dibandingkan dengan non picky eater. Responden dengan perilaku picky eater diharapkan untuk memperbanyak keragaman pangan terutama konsumsi sayur dan buah agar terpenuhinya angka kecukupan gizi harian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picky eater, Anak prasekolah, Kecukupan gizi
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:46
Last Modified: 18 Aug 2022 07:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15256

Actions (login required)

View Item View Item