Masdiana, Masdiana (2021) Analisis Semiotika Pesan Toleransi Dalam Film “Ajari Aku Islam” (Metode Charles Sanders Pierce). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
SKRIPSI MASDIANA (NIM. 0105172081).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah makna tanda toleransi dan nilai-nilai Islam pada Film “Ajari Aku Islam”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Penulis tertarik menggunakan teori semiotika ini untuk memperdalam pola kerja dari triangle meaning yang dijabarkan dalam analisis Triadik dan Trikotomi untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Semiotika Peirce menggunakan istilah representamen sebagai bentuk tanda awal, kemudian object sebagai acuan tanda, dan interpretant sebagai pemaknaan. Objek penelitian adalah Film “Ajari Aku Islam”. Penelitian ini kemudian menghasilkan makna-makna toleransi beragama dan nilai-nilai Islam yang terlihat pada film “Ajari Aku Islam”. Hasil penelitian ini diantarnya adalah makna dari toleransi beragama yang ditunjukkan melalui 4 prinsip yaitu menghormati perbedaan keyakinan orang lain, memberikan kebebasan dalam memilih agama, sikap saling mengerti ajaran antar agama dan tidak memandang perbedaan fisik dan psikis dalam bersosialisasi. Adapun nilai- nilai Islam dalam film “Ajari Aku Islam” meliputi; hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan sesama manusia.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toleransi, Beragama, Nilai, Islam, Semiotika dan Film |
Subjects: | 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 04:46 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 04:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15240 |
Actions (login required)
View Item |