Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas XI SMA Cerdas Murni Kabupaten Deli Serdang

Putri, Windi Rahmana (2021) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas XI SMA Cerdas Murni Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_WINDI RAHMANA PUTRI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan ide-ide matematika baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Kemampuan komunikasi matematis yang baik sangat penting untuk dimiliki bagi setiap peserta didik dan aspek yang perlu terus dikembangkan dalam pembelajaran matemaika. Adapun dalam penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Cerdas Murni kelas XI MIA-1 pada pembelajaran matematika yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 dengan pembelajaran daring atau jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kategori sangat baik (A) bahwa siswa memenuhi dan mencapai ketiga indikator yanng telah dirumuskan; (2) kemampuan komunikasi matematis pada kategori baik (A- ) memenuhi ketiga indikator, akan tetapi pada indikator 3 siswa masih kurang memenuhi namun secara keseluruhan dapat dikatakan baik; (3) kemampuan komunikasi matematis pada kategori sedang (B) sudah cukup baik namun pada indikator 1 dan 3 masih belum terpenuhi; (4) kemampuan komunikasi matematis siswa pada kategori rendah (C) menunjukkan bahwa siswa belum memenuhi baik indikator 1, indikator 2 maupun indikator 3. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika siswa kelas XI MIA-1 SMA Cerdas Murni selama pandemi Covid-19 sudah baik dengan persentase kategori baik 41,6%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Matematika, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:40
Last Modified: 18 Aug 2022 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15239

Actions (login required)

View Item View Item