Kerjasama Perpustakaan Dalam Upaya Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal

Fatimah, Fatimah (2021) Kerjasama Perpustakaan Dalam Upaya Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi Fatimah (0601171011) ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kerjasama Perpustakaan Dalam Upaya Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kerjasama perpustakaan dalam upaya pengembangan koleksi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu,reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Perpustakaan STAIN Mandailing Natal dalam upaya pengembangan koleksi sudah melakukan kerjasama yang dijalin dengan beberapa instansi seperti BI Corner, dan Perpustakaan Nasional RI. 2. Tindak lanjut dari kerjasama perpustakaan dengan BI Corner sudah terealisasikan dengan baik kedua belah pihak sudah mendapatkan keuntungan, Perpustakaan STAIN Mandailing Natal memperolehkeuntungan dari hasil kerjasama yaitu pojok baca dan 175 judul buku dan 215 eksemplar, BI Corner sebagai sarana promosi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang Bank Indonesia. Beberapa jurnal elektronik dari Perpustakaan Nasional RI, sedangkan Perpustakaan Nasional RI belum mendapatkan feedback dari Perpustkaan STAIN. 3. Dalam melakukan kerjasama, Perpustakaan STAIN Mandailing Natal banyak mengalami kendala yaitu dalam bidang koleksi yang masih terbatas, fasilitas dan teknologi yang masih belum memadai dan kekurangan sumber daya manusia. Untuk meminimalisisr kendala dalam kerjasama yang akan dilakukan selanjutnya perpustakaan belum melakukan upaya karena masih fokus dalam penginputan bahan pustaka ke slims.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama perpustakaan, perpustakaan STAIN Mandailing Natal, pengembangan koleksi
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 021 Library relationships
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:21
Last Modified: 18 Aug 2022 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15234

Actions (login required)

View Item View Item