Implementasi Komunikasi Ilahiyah Dalam Buku Remember Me and I Will Remember You Karya Wirda Mansur : Content Analysis

Putri, Zuhrina Sukma (2021) Implementasi Komunikasi Ilahiyah Dalam Buku Remember Me and I Will Remember You Karya Wirda Mansur : Content Analysis. Skripsi thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ZUHRINA SUKMA PUTRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi ilahiah dan pesan komunikasi ilahiah dalam buku “Remember Me and I Will Remember You” karya Wirda Mansur (Content Analysis). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Content Analysis (analisis isi) dengan pendekatan kualitatif. Analisis isi merupakan teknik penelitian yang dilakukan untuk menarik kesimpulan dengan melakukan pengkategorian pesan secara terstruktur. Teknik analisis data dilakukan setelah peneliti melakukan pengkategorian bentuk komunikasi ilahiah yaitu shalat, zikir, istighfar, tobat dan membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian komunikasi ilahiah dalam buku Remember Me and I will Remember You karya Wirda Mansur, penulis menemukan lima bentuk komunikasi ilahiah, yang merupakan bentuk komunikasi manusia dengan Allah Swt melalui jalan ibadah, yaitu; shalat, zikir, istighfar, tobat, dan membaca Al-Qur’an. Shalat menjadi salah satu bentuk komunikasi paling sering dilakukan manusia berdialog dengan Tuhannya. Shalat berfungsi sebagai penolong bagi manusia untuk mencapai rahmat Allah. Zikir merupakan aktivitas yang menjadikan kita dekat dengan Allah Swt. Ketika seseorang mengingat Allah maka hubungannya menjadi dekat dengan Allah. Istighfar ialah salah satu jalan memohon ampun kepada Allah, dengan istighfar seseorang akan mendapatkan ampunan serta ridha dan kasih sayang Allah Swt. Tobat ialah jalan bagi orang-orang yang ingin mendapatkan kemenangan. Al-Qur’an adalah sumber kemuliaan, kebahagiaan, pedoman hidup manusia yang mengatur segala aspek dalam kehidupan. Allah Swt memuliakan hambanya dengan pahala yang berlimpah, keberkahan, dan keutamaan saat membacanya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Ilahiah, Buku, Remember Me and I Will Remember You, Wirda Mansur
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.23 Materi Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Muhammad Aditya Akun 2
Date Deposited: 16 Aug 2022 09:04
Last Modified: 16 Aug 2022 09:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15214

Actions (login required)

View Item View Item