Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian ISPA Pada Balita Di Sekitar Wilayah Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Titi Papan Kota Medan

Siregar, Tornando Tinur (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian ISPA Pada Balita Di Sekitar Wilayah Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Titi Papan Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TORNANDO SIREGAR, SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan salah satu penyakit paling menular dan penyebab kematian pada anak-anak di negara berkembang. Pencemaran udara di sekitar TPAS merusak kesehatan lingkungan, termasuk kualitas udara dalam ruangan di sekitar TPAS, terutama peningkatan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Hal ini dikarenakan beberapa kondisi yang memprihatinkan dari penumpukan limbah padat seperti sampah yang ada di sekitar wilayah tempat pembuangan akhir sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian ISPA pada balita di sekitar wilayah tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Titi Papan Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat analitik dengan rancangan penelitian crossectional study. Populasi penelitian adalah seluruh responden yang memiliki balita di sekitar TPAS Titi Papan sebanyak 3.329 orang dengan sampel diambil secara random sampling sebanyak 176 orang. Berdasarkan uji chi-square menunjukkan bahwa lubang asap dapur p = 0,000 (< 0,05), kepadatan hunian p = 0,000 (< 0,05) dan jarak rumah dengan TPAS p = 0,000 (< 0,05). Artinya ada hubungan lubang asap dapur, kepadatan hunian dan jarak rumah dengan kejadian ISPA pada balita di sekitar wilayah tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Titi Papan Kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi Dinas Kesehatan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam mendukung program pencegahan penyakit berbasis lingkungan dalam meningkatkan perlindungan kesehatan bagi masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kejadian ISPA, Balita, Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:48
Last Modified: 16 Aug 2022 08:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15213

Actions (login required)

View Item View Item