Peran Dinas Kebersihan dan Lingkungan Terhadap Pengelolaan Sampah di Desa Kumbang Indah Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara : Studi Analisis Menurut Qanun Nomor 6 Tahun 2016 Kabupaten Aceh Tenggara Ditinjau Dari Kajian Fiqh Siyasah

Sari, Rasmi Ulfa (2022) Peran Dinas Kebersihan dan Lingkungan Terhadap Pengelolaan Sampah di Desa Kumbang Indah Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara : Studi Analisis Menurut Qanun Nomor 6 Tahun 2016 Kabupaten Aceh Tenggara Ditinjau Dari Kajian Fiqh Siyasah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi fiks ulfa 29 Maret 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang sadarnya masyarakat Aceh Tenggara terhadap sampah yang ada di lingkungan Desa Kumbang Indah Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara. Sampah sebagai sisa kegiatan sehari – hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat, apabila tidak dilakukan pengelolaan secara baik dan benar dapat memberi dampak negatif dari aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Pengelolaan sampah merupakan sebuah upaya komperhensif untuk menangani sampah-sampah yang dihasilkan dari berbagai aktivitas manusia. pemanfaatan sampah kembali dan pendauran ulang sampah. Dalam pembuatan skripsi ini saya melakukan jenis penelitian empiris atau penelitian lapangan, dimana datanya diperoleh dari lapangan atau suatu lokasi yang dijadikan sebagai tempat penelitian. Menurut Qanun Aceh Tenggara Nomor 6 Tahun 2016 peran Dinas Kebersihan adalah “bahwa pemerintah kabupaten mempunyai kewenangan dalam pengelolaan sampah di wilayahnya baik melalui penetapan kebijakan, pengelolaan, penetapan lokasi pengelolaan sampah”. Hal tersebut jelas bahwa pemerintah Aceh Tenggara khususnya Dinas kebersihan kota Kutacane memiliki peranan penting dalam hal pengelolaan sampah di Aceh Tenggara. Pengelolaan sampah yang ada di Desa Kumbang Indah, Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara tergolong belum memadai, karena sampah yang diangkut dari pemukiman warga hanya sampai kepada tempat pembungan akhir saja karena tidak ada proses pengelolaan lebih lanjut. Siyasah dusturiyah merupakan suatu aspek penting dalam mengatur pengelolaan sampah. Ruang lingkup siyasah dusturiyah merupakan suatu pedoman bagaimana cara masyarakat harus mentaati suatu aturan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Qanun Kabupaten Aceh Tenggara Nomor 06 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Sampah
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science > 321 Systems of governments and states
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Muhammad Aditya Akun 2
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:44
Last Modified: 16 Aug 2022 08:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15210

Actions (login required)

View Item View Item