Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berfikir Logis terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMK N 1 Rantau Utara

Nurasyiah, Nurasyiah (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berfikir Logis terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMK N 1 Rantau Utara. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Tesis Nur Aisyah Repository.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran advanced organizer, (2) hasil belajar PAI dan Budi pekerti tentang faraid siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis siswa terhadap hasil belajar PAI dan Budi pekerti tentang faraid. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 1 Rantau Utara terdiri dari 2 kelas. Sampel yang terpilih untuk menjadi kelas pembelajaran inkuiri adalah kelas XI-1 dan kelas XI-2 sebagai kelas pembelajaran advanced organizer. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel kelompok secara acak (cluster random sampling. Teknik analisis adalah varians dua jalur pada taraf signifikansi x = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar PAI dan Budi pekerti tentang faraid siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri ( = 28,35) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar PAI dan Budi pekerti tentang faraid siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran advanced organizer ( = 26,97) dengan Fhitung = 29,56 > Ftabel = 3,968, (2) rata-rata hasil belajar PAI dan Budi pekerti tentang faraid siswa dengan kemampuan berpikir logis tinggi ( = 30) lebih tinggi daripada hasil belajar PAI dan Budi pekerti tentang faraid siswa dengan kemampuan berpikir logis rendah ( = 26,06), dengan Fhitung = 4,47 > Ftabel = 3,968, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis dengan Fhitung = 9,88 > Ftabel = 3,968.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strtegi Pembelajaran, Kemampuan Berfikir Logis
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:34
Last Modified: 16 Aug 2022 08:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15209

Actions (login required)

View Item View Item