Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ekosistem Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA/MA

Muniroh, Jaridatul (2021) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ekosistem Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi fix Jaridatul muniroh.pdf

Download (16MB)

Abstract

Keterampilan proses sains bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja dengan ilmu pengetahuan secara sistematis serta membentuk pola pikir peserta didik secara ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing pada materi ekosistem terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA/MA.Penelitian ini dilaksanakan di MAN Dairi pada tanggal 07 Juni 2021 s/d 15 Juni 2021. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 Kelas X IPA MAN Sidikalang yang terdiri dari 62 Peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Non-probability sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran materi ekosistem menunjukkan persentase nilai yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen adalah 77,8 dan kelas kontrol adalah 63,1. Dari hasil uji statistik diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis peserta didik bahwa thitung diperoleh sebesar 4,6729 dan ttabel diperoleh sebesar 1,6706 dengan taraf signifikansi 5% diketahui bahwa thitung> ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan uji statistik diketahui terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA/MA.Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan alternatif model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains (KPS)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 580 Botanical sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:04
Last Modified: 16 Aug 2022 08:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15198

Actions (login required)

View Item View Item