Hambatan Komunikasi Interpersonal Remaja Putri Dengan Ayah Dalam Mengkomunikasikan Hubungan Asmara Di Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan

Simatupang, Juniarmita Sari (2021) Hambatan Komunikasi Interpersonal Remaja Putri Dengan Ayah Dalam Mengkomunikasikan Hubungan Asmara Di Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Juniarmita Sari Simatupang.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan kepada remaja putri tingkat SMP. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, karena penelitian ini menjelaskan fenomena yang terjadi ketika komunikasi interpersonal remaja putri tingkat SMP dengan Ayah dalam mengkomunikasikan hubungan asmara mendapati hambatan. Oleh sebab itu peneliti mengumpulkan data-data yang didapat dari narasumber penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi partisipatif. Kemudian dikembangkan di dalam hasil penelitian dan pembahasan. Adapun teori yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal. Sebagaimana yang kita tahu komunikasi interpersonal yaitu komunikasi yang dilakukan dua orang atau lebih secara tatap muka atau face to face dalam bentuk percakapan dan dengan media sehingga memungkinkan peserta menangkap reaksi secara langsung. Kemudian hasil yang dicapai bahwasanya hambatan komunikasi interpersonal remaja putri dengan ayah dikarenakan adanya rasa takut, tidak dipedulikan, merasa segan, berpikir bahwa orang tua tidak akan mau mendengarkan cerita atau keluh kesahnya, menjadi beban orang tua. Cara yang dilakukan remaja putri untuk mengkomunikasikan hubungannya dengan memilih untuk tidak menceritakan atau menyembunyikannya dan ada pula yang terbuka. Metode yang efektif dari orang tua supaya anaknya mau mengkomunikasikan hubungan asmaranya dengan mengajak anak jalan-jalan sore dan duduk bersama sambil diskusi dibarengi dengan candaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:57
Last Modified: 16 Aug 2022 08:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15193

Actions (login required)

View Item View Item