Teknik Komunikasi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Alquran Santri di Rumah Qur‟an Violet (RQV) Kecamatan Bonatua Lunasi

Harahap, Muhammad Yusuf (2021) Teknik Komunikasi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Alquran Santri di Rumah Qur‟an Violet (RQV) Kecamatan Bonatua Lunasi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Jilid Lux Skripsi Muhammad Yusuf Harahap.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik komunikasi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Alquran santri di Ruman Qur‟an Violet (RQV) Kecamatan Bonatua Lunasi. Pendekatan penelitian ini ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini terdiri dari beberapa informan. Kepala Cabang Kabupaten Toba Samosir, pengajar lokal RQV Kecamatan Bonatua Lunasi, lima duta dakwah, dan satu santri. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, teknik komunikasi yang digunakan adalah teknik komunikasi instruktif/koersif, persuasif, dan human relation. Sedangkan penerapan teknik komunikasi instruktif/koersif adalah dengan bentuk sanksi jika ada santri yang menganggu kegiatan belajar mengajar dan melakukan beberapa bentuk hukuman jika para santri hafalannya belum meningkat dengan membersihkan lingkungan belajar. Teknik komunikasi persuasif dilakukan dengan bentuk kegiatan kemah santri RQV, menghafal ke alam, rihlah, memberikan reward kepada para santri, bercerita sebelum kegiatan belajar. Teknik human relation diterapkan dengan melalui konseling yang dilakukan oleh para guru tahfidz saat santri mengalami kesulitan dalam meningkatkan hafalan mereka, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan faktor pendukung yaitu: Semangat santri dan guru tahfidz dalam kegiatan belajar mengajar, latar belakang santri dan guru yang sama-sama di daerah minoritas, sumber dana, fasilitas RQV Kecamatan Bonatua Lunasi yang tersedia, orang tua santri yang turut mendukung kegiatan belajar, duta dakwah yang dikirim RQV pusat untuk membantu pengajar lokal sekaligus membinanya. Ketiga, keberhasilan dari teknik komunikasi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Alquran santri dinilai cukup berhasil, dikarenakan adanya peserta para santri yang mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Toba Samosir cabang Tahfidzul Qur’an dari waktu ke waktu. Kedua, hambatan guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Alquran santri yaitu: Adanya santri yang belum mampu membaca Alquran dengan baik dan akibatnya kegiatan belajar mengajar terganggu, jarak lokasi RQV Kecamatan Bonatua Lunasi yang cukup jauh dengan rumah para santri, alokasi waktu yang tidak tepat dengan jadwal para santri, kesibukan orang tua yang berbagai macam kegiatan, kurangnya tenaga pengajar yang akibatnya para pengajar kewalahan menghadapi para santri, kecerdasan para santri yang berbeda, dana, cuaca yang tidak menentu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik komunikasi, guru tahfidz, hafalan Alquran, dan RQV.
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:54
Last Modified: 16 Aug 2022 06:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15184

Actions (login required)

View Item View Item