Implementasi Certainty Factor Untuk Diagnosis Penyakit Dan Hama Pada Pelepah Dan Daun Kelapa Sawit Beserta Penanganannya

Frandian, Beni (2022) Implementasi Certainty Factor Untuk Diagnosis Penyakit Dan Hama Pada Pelepah Dan Daun Kelapa Sawit Beserta Penanganannya. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_SAH_BENI FRANDIAN 0702172072.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tanaman kelapa sawit (Elaeis guinensis) adalah salah satu tanaman yang memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki arti yang sangat penting di dalam kehidupan masyarakat. Suatu tanaman dapat dikatakan normal jika tanaman tersebut dapat menjalankan fungsi-fungsi fisiologis dengan baik. Sejalan dengan semakin berkembangnya dan meluasnya areal lahan kelapa sawit milik masyarakat, semakin banyak masalah yang timbul dikarenakan beragam serangan penyakit dan hama pada tanaman kelapa sawit terutama pada bagian pelepah dan daun kelapa sawit. Keberadaan penyakit dan hama menimbulkan kerugian terhadap produktivitas tanaman serta kerugian biaya yang harus dikeluarkan untuk memulihkan kondisi tanaman yang terserang penyakit dan hama, baik pada pembibitan, tanaman belum menghasilkan sampai dengan tanaman menghasilkan. Kurangnya pemahaman petani mengenai cara mendiagnosis dan cara pengendalian yang tepat pada penyakit dan hama kelapa sawit serta keterbatasan tenaga pakar kelapa sawit di daerah perkebunan rakyat bisa diselesaikan dengan memperbanyak tenaga pakar atau menduplikasi pengetahuan yang dimiliki oleh pakar dengan membangun sistem pakar diagnosis hama dan penyakit pada pelepah daun kelapa sawit. Metode certainty factor digunakan untuk mengakomodasikan ketidakpastian pemikiran dan mengekspresikan tingkat keyakinan pakar dalam mendiagnosis penyakit dan hama kelapa sawit. Dengan menggunakan sistem pakar ini diharapkan dapat membantu para petani atau awam dalam mendiagnosis penyakit dan hama pada pelapah daun kelapa sawit melalui gejaja-gejala yang di pilih pada saat melakukan konsultasi untuk mendiagnosis suatu jenis penyakit dan hama kelapa sawit.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:20
Last Modified: 16 Aug 2022 06:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15171

Actions (login required)

View Item View Item