Efektivitas Program Bina Usaha Miskin Produktif Dalam Meningkatkan Penghasilan Mustahik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Asahan

Marpaung, Muhammad Naufal Al Faruq (2022) Efektivitas Program Bina Usaha Miskin Produktif Dalam Meningkatkan Penghasilan Mustahik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
MUHAMMAD NAUFAL AL-FARUQ MARPAUNG-4.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masalah apakah program bina usaha miskin untuk usaha kelompok yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Asahan sudah berjalan efektif atau belum efektif untuk meningkatkan penghasilan mustahik penerima bantuan. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana pendayagunaan zakat yang diterapkan oleh Baznas Kabupaten Asahan khususnya pada program bina usaha miskin usaha kelompok yang ada di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Asahan, serta bagaimana dampak pemberian program bina usaha miskin dalam meningkatkan penghasilan penerima bantuan dan juga apakah program bina usaha miskin yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Asahan sudah efektif atau belum efektif jika di pandang dalam meningkatkan penghasilan mustahik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif, sehingga analisis data yang digunakan adalah analisis Kualitatif Deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program bina usaha miskin yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Asahan belum efektif dalam meningkatkan penghasilan mustahik tetapi efektif dalam menumbuhkan ekonomi penerima bantuan. Terbukti karena penerima bantuan menjadikan usaha kelompok sebagai usaha sampingan yang hasilnya tidak berdampak pada penghasilan utama tetapi sangat membantu untuk menambah pendapatan dari hasil usaha kelompok yang dilakukan tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Bina Usaha Miskin, Mustahik, Efektif
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:44
Last Modified: 16 Aug 2022 06:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15162

Actions (login required)

View Item View Item