Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok A Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Di Ra Siti Asmah Medan Denai T.A 2018/2019

Pakhitah, Rani (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok A Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Di Ra Siti Asmah Medan Denai T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI RANI PAKHITA-1.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan berbicara anak usia dini sebelum menggunakan media boneka tangan. (2) pelaksanaan media boneka tangan dalam meningkatkan berbicara pada anak usia dini. (3) kemampuan berbicara anak usia dini setelah menggunakan media boneka tangan. Jenis peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas , pada penelitian ini dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di RA Siti Asmah Medan Denai dengan jumlah anak yang diteliti sebanyak 11 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh: (1) Hasil kemampuan berbicara anak pada pra tindakan mencapai 34,1. (2) Pada siklus I guru mengatur tempat duduk membentuk leter U, mengajukan pertanyaan pada anak dan memberikan kesempatan anak untuk bercerita. Sedangkan pada siklus II guru memberikan reward berupa permen kepada anak yang berani bercerita menggunakan media boneka tangan. (3) hasil peningkatan kemampuan berbicara anak pada siklus I sebesar 64,8, pada siklus II peningkatan sebesar 91, maka peningkatan pada siklus I menuju siklus II meningkat menjadi 56,9. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak dengan kategori berkembang sangat baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Media Boneka Tangan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 05:01
Last Modified: 16 Aug 2022 05:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15161

Actions (login required)

View Item View Item