Optimasi Pendistribusian Pakan Ternak Ayam Dengan Menggunakan Least Cost dan Metode Modified Distribution di PT. Mabar Feed Indonesia

Astuti, Widya Tantri (2020) Optimasi Pendistribusian Pakan Ternak Ayam Dengan Menggunakan Least Cost dan Metode Modified Distribution di PT. Mabar Feed Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
WIDYA TANTRI ASTUTI KIRIM PERPUS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Model optimasi merupakan salah satu model analisis sistem yang diindentikkan dengan operation research. Metode transportasi merupakan bagian dari program linier yang digunakan untuk mengatur dan mendistribusikan sumber-sumber yang menyediakan produk ketempat-tempat yang membutuhkan untuk mencapai efesiensi biaya transportasi. Prinsip kerja metode Least Cost ialah pemberian prioritas pengalokasian yang mempunyai ongkos satuan terkecil (biaya per unit terkecil). Metode MODI (Modified Distribution) merupakan metode penyelesaian kasus transportasi yang dikembangkan dari metode Stepping Stone. Penelitian ini dilakukan pada PT. Mabar Feed Indonesia yang bergerak di bidang pakan. Penelitian ini bertujuan untuk penentuan meminimumkan biaya transportasi pada PT. Mabar Feed Indonesia yang nantinya akan menjadi masukan bagi perusahaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya transportasi sebelum dilakukan minimalisasi ialah Rp 48.044.800 . Kemudian biaya yang dikeluarkan setelah dilakukan menggunakan metode Least Cost pada solusi awal ialah sebesar Rp 43.819.300 . Setelah menggunakan metode Least Cost kemudian dilakukan dengan solusi akhir yaitu MODI agar lebih optimal dan jumlah biaya transportasinya ialah sebesar Rp 35.850.800.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Transportasi, Optimasi, Least Cost, MODI.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:47
Last Modified: 16 Aug 2022 04:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15156

Actions (login required)

View Item View Item