Kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Swasta Ridho Allah Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Darlis, Ahmad (2014) Kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Swasta Ridho Allah Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
teisis ahmad darlis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru, apa saja komponen kompetensi pedagogik guru, dan tingkat kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Ridho Allah. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mencari, menganalisis dan menginterpretasi data yang ditemukan melalui studi dokumen, wawancara dan observasi. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalu standar keabsahan data berupa keterpercayaan, keteralihan, keterandalan dan konfirmatif. Berdasarkan hasil penelitian di Madrasah Aliyah Ridho Allah tentang kompetensi pedagogik guru, dapat digambarkan sebagai berikut: 1. Komponen/indikator kompetensi pedagogik guru Madrasah Aliyah Allah hanya terpenuhi enam komponen dari delapan komponen yaitu: a) kemampuan memahami peserta didik. b) kemampuan mengembangkan kurikulum/silabus. c) kemampuan perancangan pembelajaran. d) kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis. e) kemampuan melakukan evaluasi hasil pembelajaran. f) kemampuan mengembangkan peserta didik untuk mengatualisasikan seluruh potensi yang dimiliki peserta didik. 2. Tingkat kompetensi pedagogik guru Madrasah Aliyah secara umum masih tergolong rendah. yaitu a) kemampuan memahami peserta didik masih pada tahap mengetahui dan menyadari bahwa setiap peserta didik berbeda intelegensinya. b) kemampuan mengembangkan kurikulum/silabus masih pada tahap memenuhi tuntutan administrasi. c) kemampuan merancang pembelajaran masih pada tahap kemampuan membuat RPP juga masih pada tahap memenuhi tuntutan administrasi. d) kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis masih pada tataran kemampuan mengetahui langkah-langkah pembelajaran. e) kemampuan dalam melakukan proses evaluasi hasil belajar telah dikuasai secara maksimal. f) kemampuan mengatualisasikan potensi peserta didik masih pada tahap mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan bimbingan penyuluhan. 3. Kompetensi pedagogik guru Madrasah Aliyah Ridho Allah belum memadai secara maksimal. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan melakukan dua cara yaitu a) melakukan seleksi penerimaan guru baru dengan membuat salah satu indikator tes utama praktek mengajar (micro teaching). b) melakukan kerjasama dengan dinas pendidikan agama dalam rangka mengikuti setiap pelatihan-pelatihan yang diadakan dengan mengutus beberapa orang guru untuk mengikuti pelatihan tentang pendidikan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 13 Apr 2017 02:59
Last Modified: 13 Apr 2017 02:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1515

Actions (login required)

View Item View Item