Pola Pemanfaatan Koleksi Terbitan Berkala Oleh Mahasiswa di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Manurung, Islamiah (2021) Pola Pemanfaatan Koleksi Terbitan Berkala Oleh Mahasiswa di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jurnal merupakan bagian dari koleksi perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka untuk dijadikan sebagai salah satu sumber referensi ilmiah. E-Journal ialah istilah yang digunakan untuk menggambarkan karya ilmiah yang diterbitkan dalam bentuk digital yang dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemanfaatan dan faktor penghambat dalam memanfaatkan jurnal tercetak dan elektronik Cambridge dan Emerald oleh pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam pemanfaatan jurnal tercetak dan elektronik Cambridge dan Emerald telah dimanfaatkan oleh pemustaka dalam keperluan sehari-hari untuk dijadikan sebagai rujukan dalam memenuhi tugas- tugas perkuliahan, laporan penelitian, dan mencari berbagai informasi terbaru. Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan jurnal tercetak dan elektronik Cambridge dan Emerald seperti jaringan internet, ketelitian dalam menentukan subject, jurnal elektronik yang ditemukan tidak dilanggan dan jurnal elektronik Cambridge dan Emerald berbahasa Inggris.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola pemanfaatan, Hambatan, Jurnal tercetak, elektronik Cambridge dan Emerald di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:18
Last Modified: 16 Aug 2022 04:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15141

Actions (login required)

View Item View Item