Perlindungan Hukum Bagi Whistleblower Dalam Perkara Pidana (Analisis Hukum Pidana Islam dan Undang Undang No. 31 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Saksi dan Korban)

Fauziah, Rahmi (2022) Perlindungan Hukum Bagi Whistleblower Dalam Perkara Pidana (Analisis Hukum Pidana Islam dan Undang Undang No. 31 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Saksi dan Korban). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI RAHMI PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kedudukan Whistleblower sangatlah memegang peranan penting dalam proses peradilan tindak pidana. karena Whistleblower dikenal sebagai sebagai saksi pelapor, yaitu orang yang memberikan laporan atau kesaksian mengenai suatu dugaan tindak pidana kepada aparat penegak hukum dalam proses peradilannya, rumusan penelitian ini ialah bagaimana kita mengetahui ketentuan hukum bagi Whistleblower di Indonesia, proses perlindungan bagi Whistleblower dalam Undang- Undang No. 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban, serta Ketentuan Hukum Pidana Islam mengenai Perlindungan Whistleblower, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriftif dengan metode pengumpulan data secara studi Pustaka (research library) dasar hukum mengenai Perlindungan Saksi dan Korban ada didalam Al-Maidah : 8 Whistleblower dalam perspektif Hukum Pidana Islam ini akan memposisikan Whistleblower sebagai seseorang saksi, yakni sebagai orang yang dapat memberikan keterangan guna kepentingan penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di siding pengadilan tentang suatu tindak pidana yang ia dengar, ia lihat sendiri dan/atau ia alami sendiri, perlindungan terhadap saksi mutlak harus terjamin karna biasanya seseorang yang mendapatkan tekanan atau ancaman untuk bersaksi cenderung memberikan kesaksian palsu dalam suatu perkara pidana di pengadilan karna seandainya seorang saksi memberikan kesaksian dengan sejujurnya maka ia merasa takut jiwanya akan terancam. maka sehubungan dengan hal tersebut perlu dilakukan perlindungan bagi saksi. mengemukakan kesaksian oleh orang yang menyaksikan peristiwa atau perkara pidana hukumnya fardhu kifayah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Whistleblower, Perlindungan Hukum, dan Hukum Pidana Islam.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 347 Civil procedure and courts
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:36
Last Modified: 16 Aug 2022 03:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15131

Actions (login required)

View Item View Item