Pengaruh Kompetensi, Pengetahuan Dan Rules Proceduress And Policies (RPPs) Terhadap Kinerja Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Kasus: Kantor DPRD Provinsi Sumatera Utara)

Makwa, Ulfatul (2022) Pengaruh Kompetensi, Pengetahuan Dan Rules Proceduress And Policies (RPPs) Terhadap Kinerja Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Kasus: Kantor DPRD Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI ULFATUL MAKWA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji apakah pengaruh Kompetensi, Pengetahuan dan Rules Proceduress and Policies (RPPs) secara parsial dan simultan terhadap kinerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) dalam pengawasan keuangan daerah. Penelitian ini menggunakan purpossive sampling dalam menentukan pemilihan sampel. Sebanyak 30 Anggota dewan yang terdapat dikantor DPRD Provinsi Sumatra Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner dan hasil kuisioner diterima kembali untuk diolah. Kemudian data di analisis dengan menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil uji regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi tidak berpengaruh terhadap kinerja anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung (-1,903) < t tabel (2,055) dan nilai sig (0,068) > 0,05. Pengetahuan tidak berpengaruh terhadap kinerja anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung (1,360) < t tabel (2,055) dan nilai sig (0,185) > 0,05. Sedangakan Rules Proceduress and Policies (RPPs) berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kinerja anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung (-8,115) > t tabel (2,055) dan nilai sig (0,000) < 0,05. Dan kompetensi, pengetahuan dan Rules Proceduress and Policies (RPPs) berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung ( 45,390) > F tabel (2,975) dan nilai sig (0,000) < 0,05. Berdasarkan hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa kompetensi dan pengetahuan tidak berpengaruh terhadap kinerja anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah sedangkan Rules Proceduress and Policies (RPPs) berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kinerja anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah. Berdasarkan hasil uji secara simultan menunjukan bahwa kompetensi, pengetahuan dan Rules Proceduress and Policies (RPPs) secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Aug 2022 08:41
Last Modified: 15 Aug 2022 08:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item