Peran Pemerintah Melalui Program Pelatihan Dan Job Fair dalam Mengurangi Jumlah Pengangguran Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan)

Siregar, Suci Ramadhani (2021) Peran Pemerintah Melalui Program Pelatihan Dan Job Fair dalam Mengurangi Jumlah Pengangguran Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SUCI RAMADHANI SIREGAR..pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran pemerintah melalui kegiatan pelatihan dan job fair untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Asahan dilihat dari 3 indikator dari visi Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan yaitu mewujudkan tenaga kerja yang kompetitif, produktif, dan sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah dalam program pelatihan dan job fair dan hasil analisis peran pemerintah dalam pelatihan dan job fair untuk mengurangi jumlah angka pengangguran menurut perspektif ekonomi Islam. Metodologi penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitattif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran melalui program pelatihan dan job fair dilihat dari 3 indikator dari visi Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan sudah berperan optimal dan hasil analisis peran pemerintah dalam pelatihan dan job fair untuk mengurangi jumlah pengangguran para tenaga kerja belum mampu mengurangi angka pengangguran. Jumlah angka pengangguran di Kabupaten Asahan masih bertambah disetiap tahunnya, jika dilihat dari nilai-nilai dasar Ekonomi Islam peran pemerintah dalam melakukan program pelatihan dan job fair untuk mengurangi angka pengangguran sudah belaku adil dan bertanggung jawab, namun jaminan sosial yang telah diberikan pemerintah dapat dikatakan kurang efektif karena masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan setelah mengikuti job fair.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Job Fair, Pengangguran dan Ekonomi Islam
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2022 08:26
Last Modified: 15 Aug 2022 08:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15117

Actions (login required)

View Item View Item