Strategi Partai Politik dalam Meningkatkan Pemenangan Pemilu Legislatif Tahun 2019 ditinjau dari Fiqih Siyasah (Studi terhadap Strategi DPD PAN dalam Meningkatkan Pemenangan Pemilu Legislatif 2019 di Kabupaten Deli Serdang)

Selawati, Selawati (2021) Strategi Partai Politik dalam Meningkatkan Pemenangan Pemilu Legislatif Tahun 2019 ditinjau dari Fiqih Siyasah (Studi terhadap Strategi DPD PAN dalam Meningkatkan Pemenangan Pemilu Legislatif 2019 di Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SELAWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Partai politik merupakan kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai dan cita-cita yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pemenangan Pemilu Legislatif tahun 2019 di Kabupaten Deli Serdang dan tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Strategi DPD PAN dalam Pemenangan Pemilu Legislatif tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu yuridis empiris merupakan jenis penelitian hukum sosiologis dan dapat disebutkan dengan penelitian secara lapangan, yang mengkaji ketentun hukum yang berlaku serta yang telah terjadi didalam kehidupan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi DPD PAN dalam meningkatkan pemenangan pemilu legislatif tahun 2019 di Kabupaten Deli Serdang salah satunya adalah terletak pada strategi internal dan strategi eksternal PAN itu sendiri dan beberapa strategi lainnya. Fiqh siyasah memandang strategi DPD PAN dalam memenangkan pemilu legislatif ini dari kajian fiqh siyasah dusturiyyah masuk ke kajian bidang siyasah tashri’iyah yang membahas atau mengkaji tentang hubungan lembaga pemerintah dan masyarakatnya, meskipun di tekankan mengenai badan legislatifnya tidak menutup kemungkinan lembaga seperti KPUD Deli Serdang juga masuk ke ranah siyasah tashri’iyah karena berfungsi dari lembaga tersebut tidak lain juga untuk kemaslahatan umat. Kaitan siyasah tasyiri’iyah dengan penelitian pada judul diatas ialah kekuasaan Tasyri’iyah dalam pemerintahan konstitusi pada masa kontemporer ini terletak pada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Menurut kontitusi Indonesia yang telah diamandemen atau direvisi pasal 2 ayat (1) bahwa “Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri dari anggota Dewan Perwakilan anggota Dewan Perwakilan Daerah yang dipilih melalui pemilu”. Selain itu,DPD PAN Deli Serdang melakukan strategi politik untuk kemaslahatan umum yang sudah sesuai dengan konsep fiqh siyasah karena DPD PAN tidak melakukan money politic dalam strategi pemenangan pemilu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2022 08:21
Last Modified: 15 Aug 2022 08:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item View Item