Implementasi Metode Tikrar Dalam Menghafal Al-Qur`an Pada Yayasan Tahfidzul Qur`an Al-Fawwaz Medan

Budianti, Rahayu (2020) Implementasi Metode Tikrar Dalam Menghafal Al-Qur`an Pada Yayasan Tahfidzul Qur`an Al-Fawwaz Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Tesis Rahayu PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Umat Islam sebagai umat yang dianugerahkan suatu kitab suci yang lengkap dengan segala petunnjuk yang meliputi seluruh aspek kehidupan dan universal, sudah tentu dasar pendidikan umat Islam ialah bersumber kepada falsafah hidup yang berdasarkan Al-Qur`an. Untuk menjaga Al-Qur`an maka salah satu caranya adalah dengan cara menghafalnya. Penelitian ini tergolong kepada jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui proses penggalian data dengan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan metode deskriftif –kualitatif.Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi Metode Tikrar dalam Menghafal Al-Qur`an di Yayasan Tahfidzul Qur`an Al-Fawwaz Medan meliputi: (1) proses perencanaan sebelum menghafal Al-Qur`an dilakukan berbagai persiapan antaranya mental anak dan memberikan pengarahan bahwa menghafal Al-Qur`an diniatkan hanya untuk Allah Swt, menyiapkan media seperti Al-Qur`an Tikrar, merancang kalender akademik dan menyiapkan buku muktabaah. (2) Pelaksanaan metode tikrar di laksanakan dengan bantuan muhafidz/dzah. Adapun teknisnya ialah santri didiberikan target hafalan sesuai maqra’ dan maqtha’, kemudian mengahfalnya dengan cara mengulang-ulang ayat kurang lebih 40 kali, selama menghafal santri diperintahkan untuk menandai ulangannya dikolom penanda yang ada di Al-Qur`an Tikrar, setelah itu menyetorkannya kepada muhafdiz/dzah. (3) Metode Tikrar efektif diterapkan di lembaga ini, khususnya kepada anak setingkat sekolah dasar, karena metode tikrar mudah diterapkan hanya dengan mengu-ulang hafalan. (4) Faktor pendukung dan penghambat metode tikrar ialah faktor pendukung meliputi antuasias santri dalam mengahafal tinggi, kemudahan dari metode tikrar itu sendiri dalam penerapannya, media yang terpenuhi, serta legalitas lembaga. Adapun faktor penghambatnya ialah ketidakdisiplinan santri terutama pada waktu kedatangan.Dan daya tangkap santri yang berbeda-beda.Solusi dalam mensiasati hambatan tersebut dengan mengadakan pertemuan bersama orang tua dan memberikan punishment kepada santri yang terlambat.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Tahfidz, Menghafal Al-Qur`an
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2022 08:14
Last Modified: 15 Aug 2022 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15114

Actions (login required)

View Item View Item