Strategi Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Dalam Memakmurkan Masjid Al-Ikhlas Jalan Beringin Gang Aren Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Romadhon, Safri (2021) Strategi Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Dalam Memakmurkan Masjid Al-Ikhlas Jalan Beringin Gang Aren Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI (SAFRI ROMADHON, NIM. 0104173151) FULL-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masjid memiliki peran yang signifikan dalam mengembangkan kegiatan sosial kemasyarakatan, meningkatkan perekonomian umat, dan membangun kapabilitas intelektual umat, menjadi ruang diskusi untuk mencari solusi permasalahan umat terkini berdasarkan ajaran Islam. Perlu diupayakan berbagai usaha untuk memakmurkannya. Karena itu strategi pengelolaan masjid merupakan suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian secara terus menerus baik oleh pengelola masjid sehingga kehadiran masjid dapat dirasakan manfaatnya secara signifikan oleh jemaah terlebih lagi dalam menyahuti perkembangan masyarakat yang senantiasa dinamis dan kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi dan keseriusan serta kendala yang dihadapi oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Ikhlas dalam memakmurkan masjid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan juga dari berbagai dokumen, artikel, jurnal, publikasi yang terkait dengan penelitian. Adapun wawancara dilakukan kepada pengurus BKM Al-Ikhlas dan juga tokoh-tokoh masyarakat yang ada di sekitar masjid Al-Ikhlas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurus BKM Al-Ikhlas telah diisi oleh orang-orang yang memiliki kompetensi dan keseriusan dalam memakmurkan masjid, walaupun terdapat beberapa pengurus yang dianggap tidak memiliki kompetensi dan juga keseriusan. Dalam strateginya memakmurkan masjid, BKM Al-Ikhlas telah menyusun, menetapkan dan melaksanakan strategi-strategi yang perlu dilakukan terbagi dalam beberapa bentuk kegiatan, yang pertama terkait tentang kegiatan pembangunan masjid, yang kedua terkait tentang kegiatan ibadah. Selanjutnya yang ketiga terkait tentang kegiatan keagamaan. Adapun yang menjadi kendala bagi BKM saat ini yaitu adanya wabah Covid-19, yang menyebabkan banyak program-program BKM yang tidak dapat terlaksana. Pada masa pandemi ini pengurus BKM telah menetapkan berbagai strateginya guna pencegahan penyebaran wabah Covid di area masjid dengan melakukan berbagai kebijakan yaitu melakukan penyemprotan disinfektan di area masjid maupun juga di area sekitar masjid, mewajibkan jemaah untuk menggunakan masker baik ketika salat maupun ketika berada di sekitar lingkungan masjid, meniadakan ambal atau karpet salat, jemaah dihimbau untuk membawa sajadah dari rumah masing-masing, saf jemaah juga diatur berjarak, meniadakan salaman antar jemaah ketika selesai salat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Badan Kemakmuran Masjid, Memakmurkan Masjid
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:55
Last Modified: 15 Aug 2022 07:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

View Item View Item