Manajemen Remaja Masjid Al-Muttaqin dalam Pembinaan Agama Remaja di kelurahan Bhakti Karya Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai

Indri, Riska Safrina (2021) Manajemen Remaja Masjid Al-Muttaqin dalam Pembinaan Agama Remaja di kelurahan Bhakti Karya Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI RISKA SAFRINA INDRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan evalusi serta hambatan dan implikasi dalam pembinaan agama remaja di Kelurahan Bhakti Karya Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif yaitu suatu penelitian hanya menggambarkan suatu variabel yang berkenaan dengan masalah yang diteliti tanpa mempersoalkan hubungan antar variabel. Adapun yang menjadi sumber informan dalam penelitian ini yaitu sebanyak empat informan yang diambil dari kepengurusan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam penerapan manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan) pembinaan agama remaja masjidAl-Muttaqin di Kelurahan Bhakti Karya Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai diketahui masih kurang dan masih perlu dilakukan pengelolaan dibidang penggerakkan yang lebih baik lagi. Penyebab faktor-faktor penghambat manajemen pembinaan agama remaja masjid Al-Muttaqin ada dua yaitu, hambatan dalam faktor internal, seperti kurangnya media yang dijadikan untuk berjalannya pembinaan dan kurangnya pemateri untuk tahapan pembinaan. Hambatan dalam faktor eksternal, seperti masih banyaknya remaja yang canggung untuk bergabung dalam organisasi remaja masjid dan masih kurangnya pemahaman para anggota tentang materi yang diberikan pada saat pembinaan berlangsung. Namun dibalik itu semua terdapat implikasi dalam pembinaan agama remaja masjid guna terciptanya remaja-remaja yang saleh dan salehah yang menumbuhkan suatu generasi muda sehingga dapat diandalkan serta terciptanya budaya religius yang menempatkan remaja sebagai institusi yang berbasis religius.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:52
Last Modified: 15 Aug 2022 04:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item