Sistem Proteksi Sepeda Motor Menggunakan Fingerprint Optical Sensor FPM10A Module Dan SW-420 Module Dengan Logika Fuzzy Berbasis Mikrokontroler

Hasibuan, Muhammad Ridzki (2021) Sistem Proteksi Sepeda Motor Menggunakan Fingerprint Optical Sensor FPM10A Module Dan SW-420 Module Dengan Logika Fuzzy Berbasis Mikrokontroler. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
MUHAMMAD RIDZKI HASIBUAN - 71153008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingginya kasus pencurian sepeda motor terutama di Provinsi Sumatera Utara serta kurangnya pengawasan manusia menjadi sebab penting bagi setiap pemilik sepeda motor untuk menambah sistem pengamanan ganda. Penelitian ini bertujuan untuk menambah proteksi ganda pada sepeda motor dengan memanfaatkan kelebihan dari sensor sidik jari ditambah dengan sensor getar SW-420 dan sensor IR proximity yang dikontrol oleh mikrokontroler dengan logika fuzzy sebagai logika proses. Logika fuzzy dipakai untuk menghasilkan keluaran kondisi sepeda motor yaitu diam, digeser petugas dan dicuri. Sistem ini memberi peringatan dini berupa alarm jika ada pihak lain yang mencoba menyalakan atau memindahkan posisi sepeda motor. Mikrokontroler dipakai untuk mengendalikan relay berdasarkan hasil verifikasi dari fingerprint optical sensor FPM10A module serta melakukan proses logika fuzzy pada sensor getar SW-420 module dan IR proximity sensor kemudian akan menghasilkan output alarm berupa bunyi. Alat sistem proteksi ini dapat meningkatkan rasa aman kepada pemilik sepeda motor.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: FPM10A module, SW-420 module, IR proximity sensor, logika fuzzy
Subjects: 000 Generalities > 003 Systems
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:30
Last Modified: 15 Aug 2022 04:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15093

Actions (login required)

View Item View Item