Penerapan sanksi berjenjang untuk meningkatkan disiplin dantanggungjawab belajar siswa di MTs. Al-Mushlihin Kota Binjai

Hadinata, Arie Bastian (2013) Penerapan sanksi berjenjang untuk meningkatkan disiplin dantanggungjawab belajar siswa di MTs. Al-Mushlihin Kota Binjai. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Hadinata.pdf

Download (916kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang: 1) Bentuk sanksi berjenjang yang diterapkan pada MTs. Al-Mushlihin Kota Binjai, 2) Proses perumusan sosialisasi dan pengawasan yang dilakukan dalam penegakan disiplin dan Tanggungjawab belajar pada MTs. Al-Mushlihin Kota Binjai, dan 3) Kendala dan solusinya untuk meningkatkan disiplin dan tanggungjawab belajar siswa di MTs. Al-Mushlihin Kota Binjai. Penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Mushlihin Kota Binjai. Adapun metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif sebagaimana keinginan melihat bagaimana interaktif antara penerapan hukuman sanksi berjenjang untuk meningkatkan disiplin dan tanggungjawab siswa di lingkungan MTs. Al-Mushlihin Kota Binjai. Pengumpualan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang menghasilkan data bersifat deskriptif guna mengungkapkan sebab dan proses terjadinya peristiwa yang dialami oleh subjek penelitian. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pencermatan keshahihan data dengan menggunakan teknik tringulasi (triangulation) Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Bentuk sanksi berjenjang yang diterapkan di MTs. Al-Mushlihin Kota Binjai yaitu bersifat hukuman mental atau psikis karena hukuman yang dikenakan tidak langsung berhubungan dengan fisik, bersifat represif karena jatuhnya hukuman setelah anak melakukan pelanggaran yang bersifat normatif yang mana hukuman diterapkan mempunyai tujuan memperbaiki moral siswa. 2) Proses perumusan dan sosialisasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan disiplin dan tanggungjawab belajar siswa adalah dengan cara penyusunan tata tertib melibatkan atau mengakomodasi aspirasi siswa dan aspirasi orang tua siswa yang dianggap sesuai dengan visi dan misi sekolah. Semua aturan disiplin dan tata-tertib yang berkaitan dengan apa yang dikehendaki merupakan hasil kompromi semua pihak siswa, orangtua, guru, guru pembimbing, dan kepala sekolah yang didasarkan pada komitmen yang kuat antara semua unsur dan komponen sekolah dan konsisten dengan peraturan dan tata tertib yang berlaku. Pengawasan MTs Al-Mushlihin Kota Binjai dilihat dari praktek yang ditunjukkan guna pengembangan untuk mencapai efektivitas, efesiensi, dan menjaga kepercayaan masyarkat terhadap madrasah adalah dengan melakukan pengawasan secara rutin dengan menghimbau kepada setiap pendidik agar selalu memberikan pengawasan dengan melakukan razia secara tiba-tiba terhadap siswa yang melakukan pelanggaran. 3) Kendala dan solusi yang dilakukan MTs Al-Mushlihin Kota Binjai untuk meningkatkan disiplin dan tanggungjawab belajar siswa adalah melakukan kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa karena dalam sebagian kecil orang tua siswa yang tidak peduli dengan tingkahlaku siswa di sekolah. Latar belakang pendidikan dan keadaan ekonomi orang tua siswa juga menjadi bahagian dari kendala dalam peningkatan disiplin dan tanggungjawab siswa, hal ini karena sebahagian orang tua kurang paham akan manfaat disiplin dan tanggungjawab itu sendiri. Bahkan ada anggapan orang tua siswa bahwa anaknya itu baik, tidak percaya kalau berbuat kesalahan di sekolah, malah orang tua selalu membela anaknya meskipun anaknya tersebut berbuat kesalahan. Penyelesaian masalah ini selalu dilakukan dengan menghadirkan saksi dan informasi lainnya, kemudian melakukan pendekatan kepada orang tua siswa dengan jalan dipanggil ke sekolah untuk diberikan penjelasan supaya tidak terjadi kesalah pahaman dan agar setiap masalah yang berhubungan dengan siswa cepat diselesaikan dengan baik, disamping itu juga pihak madrasah juga melakukan kerjasama dengan pihak keamanan daerah seperti Polisi Pamong Praja dan Kepolisian daerah setempat agar melakukan razia yang biasa disebut razia kasih sayang terhadap pelajar yang membolos di jam pelajaran sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 10 Apr 2017 07:36
Last Modified: 10 Apr 2017 07:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1509

Actions (login required)

View Item View Item