Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MAN Simalungun Kabupaten Simalungun

Damanik, Tri Wisudani (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MAN Simalungun Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI TRI WISUDANI DAMANIK FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penggunaan strategi pembelajaran team quiz di MAN Simalungun. (2) hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Simalungun. (3) pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Simalungun. Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN Simalungun yang berjumlah 126 orang. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling lalu diambil dengan sampel sebanyak 64 siswa yang terbagi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi dan tes. Teknik Analisis data dalam penelitian ini yaitu, dengan teknik analisis statistik deskripstif, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample T tes, dan uji independent T tes. Dari hasil Uji Independen sample t test dalam penelitian ini dipakai untuk menjawab rumusan masalah. Berdasarkan output di atas diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil belajar siswa Aqidah Akhlak di MAN Simalungun yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz meningkat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah nilai rata-rata pre-test sebesar 8,85 dan jumlah nilai rata-rata post-test menjadi sebesar 11,88. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional jumlah nilai rata-rata pre-test sebesar 8,77 dan jumlah nilai rata-rata post-test menjadi sebesar 9,84. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai post-test kelas eksperimen > post-test kelas kontrol.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Team Quiz, Hasil Belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:19
Last Modified: 15 Aug 2022 04:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15088

Actions (login required)

View Item View Item