Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Penjahit Rumahan Di Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan

Nasution, Ade Irawan Nurwani (2021) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Penjahit Rumahan Di Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Ade Irawan Nurwani Nasution.pdf

Download (2MB)

Abstract

Musculoskeletal Disorders (MSDs) merupakan gangguan yang banyak mengancam pekerja di dunia. Meskipun MSDs merupakan gangguan yang jarang mengancam nyawa namun MSDs dapat menurunkan kualitas hidup dan produktivitas kerja. Hal tersebut terjadi apabila seseorang melakukan pekerjaan dalam waktu yang cukup lama, maka pekerjaan ini dapat menimbulkan keluhan sakit otot pada daerah bahu, kaku leher, dan sakit pinggang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada penjahit rumahan di Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif yang bersifat analitik dengan rancangan penelitian crossectional study. Populasi penelitian adalah seluruh penjahit rumahan sebanyak 32 orang penjahit dengan sampel diperoleh dengan mempergunakan rumus total sampling yaitu sebanyak 32 orang. Berdasarkan uji chi-square menunjukkan bahwa umur p = 0,009 (< 0,05), postur kerja p = 0,802 (> 0,05) dan durasi kerja terhadap keluhan MSDs p = 0,020 (< 0,05). Artinya ada pengaruh umur dan durasi kerja terhadap keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs), sedangkan postur kerja tidak memiliki pengaruh terhadap keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) di Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan pemerintah daerah setempat dapat melakukan penyuluhan dan pelatihan kepada pekerja tentang cara kerja yang aman sehingga timbul kesadaran pada pekerja dan pekerja dapat bekerja dengan aman dan sehat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:51
Last Modified: 15 Aug 2022 03:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15084

Actions (login required)

View Item View Item