Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Handy Bonny Pada Media Instagram Akun Pemuda Dakwah Mengajak Kepada Pemuda Berhenti Pacaran

Hafiz, Muhammad (2019) Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Handy Bonny Pada Media Instagram Akun Pemuda Dakwah Mengajak Kepada Pemuda Berhenti Pacaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI HAFIS.pdf

Download (960kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan dakwah Ustadz Handy Bonny pada akun Pemuda Dakwah yang mengajak pemuda untuk berhenti pacaran menggunakan sumber Alquran dan Hadits. Dan untuk mengetahui hambatan dan keberhasilan pada ceramah yang di Upload akun Pemuda Dakwah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan melakukan analisis pesan dakwah terhadap data yakni kumpulan video ceramah Ustadz Handy Bonny pada akun Pemuda Dakwah yang sesuai dengan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan teknik Content Analisyis pada isi pesan dakwah Ustadz Handy Bonny, sumber dalil Alquran dan Hadits yang digunakan serta hambatan dan keberhasilan dari akun Pemuda Dakwah. Dengan melakukan analisis maka dapat ditemukan bahwa banyaknya isi pesan yang bersifat pada larangan pacaran. Hasil penelitian ini telah ditemukan beberapa hal tentang ceramah yang disampaikan Ustadz Handy Bonny pada akun Pemuda Dakwah semuanya mengacu pada larangan untuk melakukan perbuatan yang mengarah kepada kemaksiatan kepada Allah dan Rasulnya. Pada penelitian ini, peneliti melihat sisi negatif yang didapat, bahwa konsep pacaran yang belum memiliki ikatan pernikahan. Seperti, pegangan, boncengan dan menjurus kepada kemaksiatan lainnya dan tentunya ini sudah jelas dilarang oleh agama Islam. Dan dari hasil analisis bahwa pada pesan yang di sampaiakan Ustadz Handy Bonny ada sumber dalil Alquran dan Hadits, dan di antara ke 13 video tersebut hanya satu yang menggunakan dalil Hadits dan dalil Alquran lebih dominan pada isi pesan yang disampaiakan. Dan ada hambatan serta keberhasilan dari akun Pemuda Dakwah pada video-video yang di upload selama peneliti teliti.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.23 Materi Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:18
Last Modified: 15 Aug 2022 04:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15080

Actions (login required)

View Item View Item